WEBSITE KB / TK AL - IKHLAS SERPONG

ALAT KOMUNIKASI TRADISIONAL



ALAT KOMUNIKASI TRADISIONAL

Alat komunikasi saat ini cukup beragam,karena teknologi dan alat komunikasi terus mengalami perkembangan dari dulu sampai sekarang. Secara umum alat komunikasi pun bisa dibedakan menjadi alat komunikasi tradisional dan modern.
 Alat komunikasi tradisional lebih mengacu pada alat komunikasi yang dalam proses pembuatan atau jangkauan manfaatnya masih terbilang cukup sederhana.
Sementara alat komunikasi modern sudah lebih canggih dalam pemanfaatan teknologi dan manfaatnya bisa terasa lebih luas. Berikut ini ulasan mengenai beberapa macam alat komunikasi dan manfaatnya bagi manusia :
KB-TK AL-IKHLAS akan membahas beberapa alat yang digunakan untuk komunikasi. Berikut  adalah macam-macam alat komunikasi yang tradisional dan yang modern. Yukk kita baca.....


ALAT KOMUNIKASI TRADISIONAL 
1. Kentongan

Kentongan sebagai alat komunikasi yang ada di masyarakat. Biasanya di gunakan untuk mengumunkan suatu berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering menggunakan kentongan sebagai media komunikasi ketika ada maling. Sehingga mendengar suara yang di keluarkan dari kentongan itu membuat masyarakat keluar rumah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.
Informasi pasti tentang sejarah kentongan tidak di temukan dengan pasti, namun yang pasti bahwa kentongan ini di kenal sebagai alat komunikasi tradisional.
Apakah ditempat sahabat sekarang masih ada yang namanya kentongan? 


2. Daun Lontar dari sebuah pohon
Daun Lontar juga sebagai macam-macam alat komunikasi tradisional
Daun lontar adalah media atau sarana dalam menulis surat atau pesan kepada orang lain. Kertas belum ada, sehingga daun menjadi pilihan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan. Selain itu, Para raja zaman dulu, menggunakan daun lontar untuk menulis maklumat atau pengumuman kepada rakyatnya.
3. Lonceng yang mengeluarkan bunyi

Ketika sekolah pada zaman orang tua kita dulu, dimana intruksi untuk masuk, keluar bermain atau istirahat, dan pulang terjadi ketika ada suara lonceng sekolah. Pada saat ini masih ada gak ya sekolah yang menggunakan lonceng untuk memberikan tanda..??? Nah, selain sekolah, rumah ibadah seperti gereja juga menggunakan lonceng untuk informasi komunikasi tertentu kepada penganut agamanya.

4. Hewan yang bernama Merpati Pos

Hewan yang bernama burung merpati mempunyai jasa kepada orang dulu. Bahwa untuk menyampaikan pesan jarak jauh banyak orang dulu menggunakan burung merpati sebagai alat komunikasi. Maka ada istilah merpati pos adalah untuk menjelaskan bahwa burung merpati berperan sebagai pengganti pak pos pengirim surat sebelum pas pos ada.
5. Telepon Kaleng yang terhubung dengan benang

Kaleng yang di hubungkan dengan benang dan bisa mendegar suara orang dengan jarak tertentu menjadi alat komunikasi tradisional juga. Namun jarak yang di gunakan untuk berkomunikasi dengan alat tradisonal ini tidak begitu jauh jaraknya, paling sekitar 5 sampai 10 meter.

6. Surat
Surat juga menjadi macam-macam alat komunikasi tradisional
Media surat masih tren sampai sekarang, namun orang dulu masih menggunakan surat dengan cara menulis di kertas atau di daun. Dan butuh waktu yang lama untuk sampai kepada penerimanya. Kadang bisa sebulan atau lebih, semua di tentukan ketersediaan transportasi dan jarak tempuh yang ada.
7. Prasasti yang di tulis

Sebagai menandakan tempat atau lokasi tertentu, zaman dulu membuat prassati sebagai tanda. Zaman dulu biasanya batu yang di jadikan tempat untuk menulis prasasti.
Nah sekaang ini prasasti masih di gunakan oleh kita. Tapi prasasti itu di tulis di atas batu keramik dan lebih rapi.
8. Telegraf
Telegraf di kenal sebagai alat komunikasi tradisional

Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh, biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi.

Alat tersebut walau cara kerjanya menggunakan listrik, tapi masih termasuk dalam daftar alat komunikasi tradisional.
9. Anggota tubuh yang bernama Tangan (isyarat tangan)
Isyarat tangan bisa menjadi alat komunikasi tradisional
Anggota tubuh yang bernama tangan zaman dulu digunakan untuk komunikasi antar sesama manusia. Tangan bergerak sebagai isyarat saja, namun lawan komunikasi bisa memahami apa yang di maksudkan dengan grakan tangan tersebut.

10. Terompet Keong
Terompet keong menjadi isu alat komunikasi tradisional
Terompet memang ada 2 jenis yaitu terompet biasa dan terompet keong. Kedua alat ini sama-sama di namakan terompet. Namun bentuknya yang membedakan. Alat terompet keong lebih mirip bentuknya seperti keong. Tapi untuk sekarang bisa di katakan sebagai barang yang langka.

11. Bendera
Bendera selain simbol dari sebuah negara, bisa juga di gunakan sebagai media komunikasi untuk pesan tertentu. Misal penaikan bendera atau penurunan bendera dalam kondisi perang yang memiliki makna tertentu.

Alat komunikasi yang bernama bendera termasuk alat komunikasi tradisional yang masih di gunakan sampai detik ini. Bukan hanya sebuah negara, organisasi massa atau politik pun mempunyai bendera.
12. Benda yang bernama Lampu (Sandi Morse)

Lampu di gunakan sebagai memberitahukan pesan atau komunikasi kepada orang lain atau publik. Biasanya lampu ini sebagai sandi saja.Seperti lampu mercusuar yang ada di laut. Atau lampu yang ada bandara polinia. Bahkan sampai sekarang lampu lalu lintas juga sebagai alat komuniasi bagi pengguna jalan.

Nah itu tadi beberapa ulasan  alat komuni yang digunakan pada zaman dulu dan sebagian masih digunakan dan bisa kita lihat dilingkungan tempat tinggal kita..

Masih ada gak di tempat sahabat alat komunikasi tradisional yang tadi sudah dibaca.???
Sekian dulu ya pembahasan tentang alat komunikasi tradisional. Kalaw sahabat mau menambahkan alat komunikasi yang tradisional silahkan tulis di komentar ya...

Tunggu pembahasan selanjutnya di Alat komunikasi Modern ya, tetap setia kunjungi KB-TK AL-IKHLAS

Alat Komunikasi Modern
Share this post :

Posting Komentar

Cari Artikel di Blog Ini

 
Support : Muhamad Imam Mutaqin | DownloadRPP | BerintaTangSel
Copyright AL-IKHLAS © 2013. KB / TK AL-IKHLAS - All Rights Reserved
Admin by Muhamad Imam Mutaqin
Proudly powered by KB/TK AL-IKHLAS